Baca-Quran.id

Doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh

July 06, 2021

Sakit adalah sebuah keniscayaan, hampir setiap orang pernah merasakannya baik sakit serius atau sakit ringan. Dalam Islam, sakit dijelaskan juga sebagai bentuk ujian kesabaran, karenanya ketika sakit salah satu yang selalu dianjurkan adalah tetap sabar, banyak memohon ampunan dengan tetap berikhtiar mengusahakan kesembuhannya.

Sebagai orang Islam yang kesehariannya sangat dekat dengan berbagai Doa, kita juga sebaiknya senantiasa berdoa untuk memohon kesembuhan kepada Allah. Dan berikut beberapa doa yang bisa kita amalkan ketika sedang sakit dengan harapan diberikan kesembuhan oleh Allah:

Surat Al-Anbiya ayat 83

رَبَّهُۥٓ أَنِّى مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنتَ أَرْحَمُ الرّٰحِمِينَ

“Robbahuuu annii massaniyadh-dhurru wa angta ar-hamur-roohimiin.”

Artinya:

“Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua yang penyayang.”

Hadist Riwayat Bukhari No.5309

أَذْهِبْ الْبَاسَ رَبَّ النَّاسِ وَاشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

“Adzhibil ba’sa allahumma rabban naasi wasyfii anta syaafi laa syifaa’a illa syifaa’uka syifaa’an laa yughaadiru saqma.”

Artinya:

“Hilangkanlah rasa sakit Ya Allah Rabb manusia, sembuhkanlah, sesungguhnya Engkau Dzat yang Maha Menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit.”

Hadist Bukhari Muslim

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

“Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.”

Artinya:

“Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113)

Doa Meminta Ampunan

Seperti disebutkan sebelumnya, salah satu yang dianjurkan ketika sedang sakita, adalah memperbanyak memohon ampunan atas dosa dan kesalahan kita. Salah satu doa yang diambil dari Al-Qur’an yang bisa kalian amalkan, salah satunya:

Surat Ali Imran ayat 193

رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الأَبْرَارِ

“Rabbana fa-ghfir lana zunuubana wa-kaffir anna sayyi-aatina wa-tafawwafaa maal-abrar.”

Artinya:

“Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman (yaitu): “Berimanlah kamu kepada Tuhanmu”, maka kami pun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbakti.”

Doa dalam bahasa sendiri

Dan sebaik-baiknya doa adalah yang bisa dipahami oleh orang yang berdoa atau yang didoakan, karenanya tidak mengapa bagi kita untuk berdoa dalam bahasa Ibu atau bahasa sehari-hari yang kita gunakan. Ini bertujuan agar kita bisa lebih memahami apa yang kita sampaikan kepada Allah, dan diharapkan dengan lebih memahami artinya maka kita bisa lebih khusyuk dalam meminta dan berdoa kepada-Nya.


Terima kasih,

Semoga bermanfaat!